Sampah Jadi Penghambat Pariwisata Samosir

Tumpukan Sampah di Onan Lama Pangururan
Samosirku

Samosir pulau yang terletak di tengah Danau Toba atau tepatnya diitari danau toba ternyata memliki segudang permasalahan tentang sampah. Samosir memiliki panorama indah plus sampah yang banyak bertebaran di sudut-sudut kotanya.

Penanganan sampah ini sepertinya lepas dari perhatian Pemerintah atau barang kali pemerintah setempat memang tidak perduli atas situasi tersebut. Beberapa lokasi sampah yang sering ditemukan di samosir umumnya berada di daerah perkotaan, tapi tidak tertutup kemungkinan sampah juga "nyangkut" di lokasi-lokasi wisata di samosir.

Seiring perkembangan wisata samosir tentunya harus didampingi dengan perkembangan kesiagaan pemerintah ditambah kesadaran masyarakatnya untuk tetap menjaga lingkungan di sekitarnya.

Lokasi sebagaimana disebutkan di atas diantaranya ada di Persimpangan jalan menuju ronggurnihuta, di sekitar pasar inpres onan baru, di sekitar onan lama pangururan dan banyak lagi lokasi lainnya.

Kemudian, sampah ini menjadi bagian pemamndangan yang "mudah" ditemukan di tempat ini. Saya sendiri sebagai seorang warga samosir merasa miris melihat tumpukan sampah tersebut.

Baru-baru ini, partukkoan.com telah merilis sebuah berita singkat tentang sampah di lokasi onan di pangururan. Benar, bahwa onan memang tak pernah lepas dari sampah, dimana pun itu, sampah akan menjadi bagian dari transaksi jual beli di pasar, akan tetapi sudah sepatutnya sampah tersebut "diamankan" setelah proses jual beli itu selesai.

Bagaimana juga samosir adalah salah satu tujuan wisata manca negara, kini samosir telah melebarkan sayapnya dalam hal pariwisata. Dan tak tertutup kemungkinan sayap itu akan patah oleh karena sampah yang kurang diantisipasi.

Disisi lain, harga makanan di samosir khususnya saat hari liburan juga menjadi "target" para oknum pedagang menaikkan harganya sampai menjulang tinggi. Ini pun menjadi persoalan buat kepariwisataan samosir, bisa jadi samosir akan ditinggalkan wisatawan jika masyarakatnya pun ikut-ikutan melakukan hal ghaib dalam harga.


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top