Op. Jeremia, Pria Tua Itu walau sudah Tua tetap Tangguh bagiku

Op. Jeremia Sitanggang
SAMOSIR

Pria tua itu terus berpikir dan terus berpikir. Entah apa yang tetap terus bergeliat dipikirannya yang membuat kerut dahinya muncul seraya dibumbuhi oleh kerutan kulitnya.

Ya,, pria yang dulu ku kenal gagah, kekar dan kuat kini berubah menjadi seorang laki-laki tua dengan nafas yang sedikit tersengal-sengal.

Walau pria itu kini sudah menjadi tua namun kharisma yang dahulu bersinar masih tetap bersinar hingga saat ini. Ternyata pria itu walau  sudah berubah fisik namun masih tetap sama seperti dulu dari segi jiwa dan kepribadian.

A. Landong, itulah gelar bapaku ini, pria kelahiran 1952 ini masih tetap bersamaku hingga kini. Dirinya seolah tidak mau melepaskan ku, atau barang kali memang akulah kini yang harus menjaganya.

Bapaku, atau dalam bahasa kerennya, ayahku, walau sudah ujur namun masih tetap kekar dan bersikap jujur. Op. Jeremia ini kerap melontarkan lelucon lelucon yang menghibur sehingga menjadikannya pria tua yang murah bergaul dengan warga lainnya.

Ada kebanggan tersendiri buatku atas apa yang dimiliki bapaku ini. Dia adalah temanku, saudaraku dan juga ayahku. Sama seperti itu, dia juga menganggapku demikian.

Di hari tuanya ini, hanya ini yang dapat kulakukan untuknya, yaitu menyenangkan hatinya. Berdoa agar dirinya diberikan kesehatan dan panjang umur, karena dia adalah sahabatku.

Sebagai seorang sahabat sering kali kami bersenda gurau bersama. Sering pula kami saling bertukar pikiran. Bahkan kadang kala kami juga bertengkar. 

Satu kalimat yang sering diucapkannya padaku, yaitu : tiada yang mustahil bagi Tuhan. Kalimat yang dia kutip dari Alkitab itu dijadiakannya ayat pamungkas bagiku, seakan ayahku tahu bahwa hidup ini kadangkala memiliki persoalan yang tidak mungkin dapat diselesaikan sendiri.

Itulah bapaku, yang tidak pernah berhenti berpikir bagi keluarga dan anak-anaknya. Sampai akhir hayatnya dia akan tetap memikirikan kami anak-anaknya, karena bapa tahu bahwa kami adalah hartanya yang paling berharga.




No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top