Nikmat dan Sulitnya "Berselancar" di HOKI

Samosirku

SAMOSIR - Jurnalisme merupakan sebuah bentuk kegiatan melakukan atau membuat suatu berita atau laporan yang dikirimkan ke media baik media cetak, media visual maupun media maya (internet).

Jurnalisme terkadang identik dengan wartawan, namun kini seiring berkembangnya ilmu komunikasi dan media-media sosial di "dunia uka-uka" (internet), jurnalisme tidak hanya disandang oleh seorang wartawan, karena warga biasapun kini dapat menjadi seorang jurnalis dan disebut dengan pewarta.

Namun, walaupun demikian dalam membuat sebuah tulisan sangat diperlukan sistem ejaan-ejaan yang disesuaikan atau dapat juga dilakukan dengan bahasa yang sopan dan mudah dimengerti pembaca. untuk itu, setiap tulisan yang dikirimkan tentunya akan terlebih dilakukan verifikasi oleh seseorang yang bertugas dalam media yang disebut dengan Redaktur.

Selain itu, mengirimkan sebuah tulisan ataupun berita sangat perlu memilih media yang berkelas atau paling tidak sudah di akui kredibilitasnya. untuk itu Bang Ganteng akan sedikit berbagi pengalaman buat agan-agan pembaca budiman.

Media yang memiliki kredibilitas memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Media yang menerbitkan sebuah berita dengan sistem berita yang berimbang. artinya Kisah dari sebuah berita bermakna seimbang antara subjek dan objek yang diberitakan sehingga tidak terkesan menyudutkan.
  2. Kejujuran dalam berita. (berita hoax sangat-sangat memalukan sehingga hoax akan sangat mempengaruhi kredibilitas sebuah media)
  3. Aktual dan terkini. (berita terkini merupakan berita yang sangat dicari-cari pembaca)
  4. Terpercaya
Itulah sedikit tentang ciri-ciri Media yang baik. Lalu Media apa yang dipilih Bang Ganteng dalam hal ini??

Nah, sesuai dengan Judulnya, Saya akan terangkan sedikit kekuatan media maya atau media online terpercaya yang menurut saya sudah sangat seo dan sudah masuk dalam daftar Google news.

Media yang saya maksudkan disini adalah HOKI, Harian Online Kabar Indonesia, yang sudah muncul sejak Tahun 2006. Harian Online Kabar Indonesia dibentuk tahun 2006 tepatnya tanggal 11-08-2006 dan menggunakan jasa Idwebhost yang sudah tidak asing lagi dalam dunia Domain.

Media ini kemudian terdaftar dalam Google News yang merupakan media terbesar di dunia dalam hal berita dunia, sehingga setiap kali pemberitaan yang diterbitkan oleh media yang terdaftar Google News akan menjadi Berita Utama dalam berita di pencarian Google.

Sudah beberapa berita saya kirimkan ke media HOKI dan Puji Tuhan hingga kini berita tersebut belum ada masuk dalam kategori berita ditolak. artinya pihak HOKI dan Redakturnya juga menyakini atau setuju terhadap kebenaran pemberitaan yang pernah saya muat.

Namun terkadang ada juga hal yang menjengkelkan dari Media HOKI yang bang ganteng pilih ini sebagai "tumpahan" goretan tulisanku. salah satunya adalah lamanya waktu untuk memposting berita yang dikirimkan. hal ini mungkin lumrah saja, mengingat berita-berita tersebut terlebih dahulu akan disaring atau diverifikasi atau bahkan diolah oleh redakturnya.

Akan tetapi jika pengolahan berita tersebut harus mencapai 2 atau 3 hari sudah pasti berita-berita yang dikirimkan akan "basi" atau kalah saing dengan media online lainnya. apalagi jika berita yang dikirimkan termasuk berita aktual dan sangat diminati masyarakat

Untuk itu, semoga pihak HOKI menambah personalnya sebagai redaktur agar berita-berita yang dikirimkan dapat terbit secepatnya. karena media yang kini paling Bang Ganteng sukai masih melekat pada Media Harian Online Kabar Indonesia.


2 comments:

  1. Horas....... Sian www.gpipangururan.cf

    Mau numpang link aja bro....

    Ha...ha

    ReplyDelete

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top