Makna sebuah persahabatan bagiku

Samosirku

Sebuah persahabatan bukan hanya sekedar sebuah pertemanan, sahabat merupakan sebuah lumbung pengaduan, sahabat merupakan saudara yang memiliki rasa dan pemikiran yang sama bahkan memiliki naluri serta insting yang menyatu. 

seorang sahabat akan tersakiti ketika sahabatnya disakiti, luar biasa, ada kontak batin yang natural mengalir dalam aliran darah dalam tubuh, getaran muncul takkala sahabat melihat sahabat lainnya memiliki persoalan. Seorang sahabat akan selalu menjadi sebuah monitor bagi sahabat-sahabat lainnya, dan sebuah kepercayaan satu sama lain menjadi sebuah kunci yang tak terpisahkan dari hubungan persahabatan tersebut.

Jalinan persahabatan juga umpama sebuah buku, hanya dalam hitungan detik saja buku itu akan hangus terbakar namun dalam hitungan lama menulisnya kembali. Sehingga untuk menjalin persahabatan yang baik dibutuhkan "keiklasan hati" dan lapang dada bagai samudera, karena jika tidak maka buku itu akan sangat mudah dipercik oleh api.

Perjalananku saat ini telah menuju ke arah itu, buku yang telah memiliki lembaran kisah didalamnya"hampir" saja terbakar oleh situasi egoisme yang ada dalam diriku sendiri. Para sosok yang ada disekitarku pun merasa aneh dan heran, bahkan orang tua yang juga salah satu sahabatku ikut menjadi pansehatku untuk tidak secepat itu mengambil sebuah keputusan.

benar, Bapak yang sampai saat ini menjadi sahabat menduduki peringkat tertinggi dari semua sahabatku memintaku untuk tidak berprasangka buruk, karena sahabat sangat sulit di temukan di muka bumi ini. 

"Unang pahatophu mambaen kesimpulan amang, burju di halakna, nunga leleng hamu mardongan, ale ala otik tor mardandi doho, unang da bapa" kata Bapak menasehatiku. menurut Bapak, Sahabat merupakan sebuah ungkapan yang ternilai harganya, dalam diri manusia ada dua hal terpenting, Ibu dan sahabat.

Di saat aku menjadi sahabatmu.. Di saat itu pula, aku menyadari..bahwa kamu benar2 membutuhkanku.. mencariku dan menanyaiku semua hal.. karena aku lah tempat sahabatku menaruh curahan hati..  

Persahabatan sejati , mimpi semua orang... namun saat kita bingung dalam mencari nya, sebenarnya kita telah menemukannya jauh dari hari ini kita mencari..   Persahabatan di awali dengan berbagai pengalaman suka maupun duka, dihibur dan disakiti, diperhatikan dan di kecewakan, di dengar diabaikan, di bantu dan di tolak, tapi semua itu tidak pernah sengaja dilakukan dengan maksud kebencian...   

Seorang sahabat menegurku , memarahiku.. bukan karena benci tapi karena ingin aku kembali kejalan yang penuh kesadaran dan juga bermanfaat bagi aku..   Persahabatan itu tidak muncul seperti kita menamam bibit.. tapi persahabatan muncul saat kita mulai merawat bibit tumbuh menjadi kecambah dan tumbuhan..

Persahabatan ini tidak akan pernah luntur dimakan jaman, persahabatan ini tidak akan pudar oleh sebuah persoalan. Karena justru persoalan akan membuat tali persahabatan ini semakin erat, sahabatku, dimanapun kau berada dan pekerjaan yang kau geluti saat ini, percayalah aku kan selalu mendukungmu. walau tidak dengan fisik ataupun materi, minimal aku akan mendoakanmu. Amin


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top