Belajar dan Berdoalah untuk menenangkan siswa dalam mengikuti UNAS bukan Coklat

Samosirku, Samosir - Besok Ujian Nasional akan dilaksanakan di seluruh Indonesia, tidak terkecuali termasuk Kabupaten Samosir. Dalam menghadapi Ujian Nasional ini tentunya akan membuat para pelajar “sedikit” grogi ataupun boleh disebut “demam panggung”.

Bahkan ada Psikolog menyarankan para siswa-siswi untuk mengkonsumsi Dark Coklat sebelum melaksanakan Ujian Nasional (Unas). Seperti yang dikatakan Sayekti Purbaningtyas, psikolog dari Yayasan Psikologi Malang. Menurut Sayekti dengan mengkonsumsi coklat akan memberi efek tenang sehingga siswa dalam mengikuti unas tidak panik.

Alasannya, coklat mengandung Theobromine dan Kafein. Kedua substansi ini dikenal memberikan efek terjaga, dan tenang bagi yang mengkonsumsinya. Kendati begitu, dari banyak penelitian menyebutkan memakan cokelat tidak membuat seseorang menjadi ketagihan.

Walau demikian, apapun ceritanya, secara psikologis, seperti yang pernah dipelajari bang ganteng di dunia pendidikan sekaligus yang pernah dirasakan bang ganteng. Bahwa rasa panik atau canggung saat melaksanakan ujian itu dapat diminalisasi hanya dengan belajar dan berdoa, sebab dengan belajar yang sungguh-sungguh maka siswa akan memiliki “bekal” saat akan mengikuti ujian. Kalau tidak punya bekal pastilah akan bingung dan panik sehingga dalam istilah keren orang batak disebut dengan Bol-Bolon.

Berdoa juga merupakan salah satu upaya yang jitu untuk menenangkan perasaan, sehingga dengan lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta maka dengan bekal dan kemampuan yang ada, mudah-mudahan Tuhan akan menjernihkan pikiran dan perasaan sehingga apa yang telah dipelajari selama ini akan mampu diingat kembali.

Selain itu, kedua hal tersebut merupakan cara yang paling cucok untuk dilakukan, selain jitu cara itu juga murah. Dengan menggunakan cara sang psikolog tadi kemungkinan besar akan menguras “Kantong” para siswa, iya kalo ekonomi orang tuanya mapan kalau tidak, gimana?. Seperti diketahui, harga tomat, bawang bahkan jengkol saja saat ini sangat mahal apalagi coklat. Hahaha, jadi ada baiknya untuk menenangkan siswa dalam menghadapi ujian dilakukan upaya tadi,yaitu Belajar dan Berdoa.


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top