Buku “Pemimpin Responsif yang berdedikasi” diluncurkan

SAMOSIRKU

SAMOSIR - Bupati Samosir, Ir. Mangindar Simbolon, M.M luncurkan buku yang berjudul Pemimpin Responsif yang berdedikasi” saat perayaan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke X belum lama ini. Buku setebal 342 Halaman ini menggambarkan kisah tentang kehidupan Sang Bupati sejak SD hingga sampai Mangindar menjadi seorang Bupati.

“Buku ini mengisahkan pengalaman saya sejak SD, SMP, SMA di Pangururan sampai akhirnya meraih gelar Sarjana dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Agustus Tahun 1981. Selain itu, buku ini juga menerangkan perjalanan karir saya di birokrasi hingga menduduki jabatan sebagai Bupati Samosir selama dua periode” Kata Mangindar.

salah satu yang menarik dalam buku ini adalah kisah Sang Bupati ketika  menjadi seorang “Kurir” Surat Dosen pada saat menjalani masa akhir perkuliahannya di IPB. Dalam buku tersebut mengisahkan, diakhir masa perkuliahannya Mangindar Simbolon diminta Salah seorang Dosennya, Bedyaman Tambunan untuk menghantarkan sebuah surat kepada Hisar Purba yang saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provsu.

Disinilah awal datangnya dewi keberuntungan Mangindar Simbolon, sebab setelah itu, Hisar Purba yang tertarik akan kepintaran dan keuletan mangindar, memintanya menjadi pegawai harian di kantor Dinas Kehutanan Provsu, walau sudah berulan-ulang ditolak oleh mangindar. Hingga akhirnya pada 1 Maret 1982, Mangindar Simbolon resmi berstatus PNS di Lingkungan Dinas Kehutanan Tingkat I Provsu.

Lebih lanjut, Buku ini juga berisi berbagai komentar dari kalangan Nasionalis seperti Menko Ekuin, Ir. H.M. Hatta Rajasa, Mantan Menteri Perikanan dan Kelautan Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri, Letjen TNI Purn. T.B. Silalahi, Anggota DPR-RI Maruar Sirait, Ir. Leo Nababan, Pdt. WTP. Simarmata, Istri tercinta Roma Artha Sitinjak, B.Sc serta anaknya Marco Christian Simbolon.

Pdt. WTP Simarmata dalam komentarnya menyebutkan, Mangindar merupakan sosok Pemimpin Cerdas dan Pekerja Keras. “ Pak Mangindar memiliki semangat kebangsaan, nasionalis, dan menghargai setia perbedaan termasuk perbedaan agama. Beliau hadir dan berkumpul bersama masyarakat, menjadikannya dekat dengan masyarakat. Jabatan Bupati yang telah dua periode merupakan hasil kerja keras dan kedekatannya dengan masyarakat” Kata Simarmata yang juga Ephorus HKBP ini.

Menurut Simarmata, dimasa kepemimpinan Mangindar, Kabupaten Samosir secara bertahap kian dikenal masyarakat nasional dan internasional sebagai wilayah yang dilalui keindahan dan kenyamanan Danau Toba. Perhelatan Festival Danau Toba (FDT) yang dilaksanakan setiap tahun menjadikan Kabupaten Samosir sebagai wilayah potensial.

Menurut informasi, Bupati Samosir, Ir. Mangindar Simbolon M.M membuat buku tersebut dengan dana pribadi sebesar Rp. 90 juta. Buku yang berjudul Pemimpin Responsif yang berdedikasi ini diterbitkan PT. Indomedia Global dengan Tim Editor Sarbinnor Karim, dkk dan difinalisasi oleh Franklin Sigalingging mantan Kabag Humas Kabupaten Samosir.


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top