Kenapa penghijauan Kebun Raya Samosir

SAMOSIRKU

SAMOSIR - Membaca berita tentang penghijauan yang dilakukan oleh WWF bersama Bank Mestika dan Pemerintah Kabupaten Samosir memberikan sedikit angin sejuk buat warga samosir secara khusus saya sebagai penulis. Namun ada yang lucu juga, yaitu penghijauan kebun raya samosir sepertinya tidak cocok buat kalimat itu. kenapa? karena menurut saya yang sangat perlu dihijaukan saat ini adalah gunung-gunung di Samosir agar udara sejuk kembali mengudara di samosir.

sejak terjadinya pembantain pohon-pohon dipegunungan samosir udara ataupun suhu di samosir sepetinya mulai meningkat, tidak seperti dulu ketika saya masih kecil, soejukkknya luar biasa.

Menurut Devy Suradji Direktur Marketing WWF-Indonesia, Hal ini dilakukan dalam upaya mengembalikan fungsi ekosistem dan tata kelola air di Kebun Raya Samosir. NEWtrees adalah program penanaman pohon yang memberikan wacana baru bagi masyarakat guna membantu proses reforestasi dan melindungi kawasan lindung/kawasan hutan serta mengawasi pertumbuhan pohon-pohon melalui Geotags (pelabelan pohon dengan garis lintang dan garis bujur/koordinat lokasi yang tepat).

"Mulai dari perencanaan program, persiapan bibit, penanaman, monitoring dan pengelolaan kegiatan. Pilihan jenis pohon yang ditanam juga tidak hanya hanya memberikan manfaat ekologis namun manfaat ekonomi masyarakat sekitarnya," kata suradji.

Senang sih dengarnya, tapi menurut penulis yang terpenting adalah kesadaran masing-masing warga samosir untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan sekaligus memberikan perhatian terhadap pohon-pohon peninggalan para oppung-oppung kita (para leluhur) sehingga Samosir dapat menjadi Pulau terindah dan tersejuk di jagad raya ini. Horasss...


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top