Hujan Deras, Jalan Tele Samosir tertutup longsor

SAMOSIRKU

SAMOSIR - Curah hujan tinggi akhir-akhir ini yang terjadi di samosir ternyata membuahkan "hasil", tebing gunung yang berada pada perbatasan antara Desa Tanjung Bunga Kecamatan Pangururan dan Desa Boho Kecamatan Sianjur mula-mula mengalami kelongsoran.

Berdasarkan Pantauan Bang Ganteng, Tebing tersebut longsor pada Kamis Siang (24/10) karena curah hujan yang tinggi dan tampak batu-batu hasil longsor tersebut menutupi sebagian jalan. Untuk itu diminta dan dihimbau kepada seluruh pengguna jalan tele baik yang masuk maupun keluar samosir untuk berhati-hati.

ilustrasi/ longsor

Samosir memang memiliki keindahan yang luar biasa, selain Danau Toba yang menjadi andalannya, pemandangan bukit-bukit dan pegunungan juga menjadai daya tarik tersendiri. namun walau demikian kenyamanan dan keselamatan diri, itulah yang menjadi terpenting. untuk apa refresing atau berwisata kalau keselamatan tidak dapat dijamin? kan begitu??

maka sebagai warga samosir saya berharap agar persoalan longsor di Kabupaten ini yang memang kerap terjadi saat hujan segera diatasi. paling tidak semua tebing yang dianggap terjal dan krisis untuk segera dilakukan pembentengan atau di dibuat dyk (dinding penahan tanah) sehingga rawan longsor dapat diminimalisasi. selain bronjong atau dyk yang tidak kalah pentingnya adalah penghijauan dan penanaman pohon, agar pohon-pohon tersebut dapat menahan tanah pada gunung-gunung yang merupakan "bagian tubuh dari jalan-jalan" yang ada di samosir.

so, mari kita berhati-hati... setiap melakukan aktifitas seogianya berdoa terlebih dahulu agar setiap marabahaya dapat terhindar dari diri dan keluarga kita. amin.


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top