Musrembang Samosir Tahun 2013 digelar

Samosirku,

Musyawarah Rencana Pembangunan Kabupaten Samosir untuk tahun 2013 digelar Selasa (13/03) dan secara resmi dibuka oleh Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon. Musrenbang tersebut dilaksanakan di Aula AE. Manihuruk dan dihadiri oleh Wakil Bupati Samosir, Bappedasu, Sekda, Wakil Ketua DPRD, Unsur Muspida, para Asisten, para Pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, Ketua TP.PKK, Ketua DWP dan para Camat.

Bupati Samosir dalam arahannya mengajak seluruh peserta Musrenbang agar berpikir sederhana serta mengajak seluruh stokkholder untuk turut serta mendukung Pemerintah dalam melaksanakan Pembangunan Daerah demi terwujudnya Kabupaten Samosir sebagai daerah tujuan Wisata. Beliau juga menghimbau kepada Pemerintah Provsu melalui Bappedasu agar jalan lingkar pulau Samosir segera di laksanakan pembangunannya serta jalan pangururan –Tele dan jalan Nainggolan – Onanrunggu.

Plt. Kepala Bappeda Kab. Samosir Hotraja Sitanggang , ST. dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan Musrenbang untuk memperoleh masukan dalam penyempurnaan rancangan awal RKPD Kabupaten Samosir Tahun 2013, mendorong Partisipasi dan keterlibatan Stakeholder untuk bersama dalam menyusun dan menetapkan perencanaan pembangunan secara mantap dan akurat berdasarkan skala prioritas dan kebutuhan, mensinergikan proses Bottom-Up Planning dan Top-Down Planning, mensinkronkan program/kegiatan lintas wilayah, lintas SKPD dan lintas tingkat pemerintahan sesuai dengan amanah Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 tentang pembagian kewenangan tugas antara Pemerintah, Pemerintahan provinsi dan antar Pemerintahan Kabupaten/Kota, penggalangan dukungan dan komitmen sosial politik terhadap perencanaan pembangunan serta mengelompokkan rencana kegiatan yang sumber pembiayaannya dari APBD Kabupaten, APBD Propinsi dan APBN pada TA. 2013 dan sumber-sumber lainnya yang dianggap sah dengan prinsip hemat, efesien dan efektif.

Diharapkan hasil dari musrenbang ini adanya kesepakatan bersama dari semua stakeholder terhadap prioritas pembangunan Daerah kabupaten Samosir TA 2013 serta adanya hasil kesepakatan tersebut akan menjadi pedoman dalam penyempurnaan RKPD Kabupaten Samosir untuk TA 2013 sekaligus sebagai pedoman para pimpinan SKPD dalam penyempurnaan Renja SKPD masing-masing.
Narasumber pada acara tersebut dari Pemerintah Propinsi Sumatera Utara, terdiri dari Kepala Bappedasu, Kepala Dinas Binamarga, Dinas Pengairan, Dinas Penataan ruang dan permukiman, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesejahteraan Sosial, Dinas Pertanian, Dinas Perkebunan, Dinas Pendidikan, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Badan Ketahanan pangan serta Kepala Badan Lingkungan Hidup.

Musrenbang Kabupaten Samosir dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai dari hari Rabu dan Kamis (13 s.d 14) yang kemudian dilakukan penandatanganan hasil kesepakatan Musrenbang oleh Bupati Samosir dan Wakil Ketua DPRD dan secara resmi ditutup oleh Bupati Samosir.


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top