Pepaya Jantan yang memiliki buah

Samosirku,

LUMBANJULU, — Sejumlah warga mengaku heran melihat satu pokok tanaman pepaya jantan bisa menghasilkan buah cukup banyak, berbeda dengan pepaya lain yang ditanam di hutan wisata Taman Eden, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

"Pepaya jantan berumur hampir dua tahun itu ternyata bisa berbuah meski rasanya tidak semanis hasil pepaya betina sehingga banyak pengunjung yang heran atas keunikannya," kata Marandus, pengelola taman tersebut di Lumbanjulu, Kamis (27/10/2011).

Ia mengatakan, keanehan pertumbuhan tanaman itu mengundang keheranan pengunjung dan mereka sering berkeinginan untuk mencicipi rasa buahnya. Lazimnya yang berbuah adalah jenis pepaya betina karena memiliki satu tangkai bunga majemuk yang berobah menjadi buah sempurna.

Marandus mengaku tidak mengira salah satu pepaya yang ditanam di kebun wisata seluas 40 hektar milik keluarganya, berjarak sekitar 220 kilometer dari kota Medan tersebut meski berjenis jantan, tapi mampu berbuah.

Awalnya, kata dia, tidak ada tanda-tanda kelainan dari tanaman itu, karena pada mulanya pertumbuhannya normal. Hingga kemudian setelah berumur sekitar lima bulan saat pohonnya semakin tinggi, baru terlihat keanehan dari pepaya jantan yang mampu berbuah tersebut.

Manurung, seorang pengunjung berasal dari Medan pun mengaku merasa heran dengan fenomena tersebut, meski kemungkinan terjadinya kondisi pertumbuhan yang memiliki keganjilan itu akibat sejumlah faktor tertentu, namun kejadian seperti itu tergolong langka.

Namun ia mengaku kurang setuju atas pandangan sejumlah pengunjung lain yang meyakininya sebagai tanaman keramat dan memiliki khasiat manjur, sehingga banyak yang meminta daun mudanya untuk dijadikan obat.

Pengunjung lainnya, Hutabarat yang datang dari Tarutung bersama keluarganya menyebutkan, secara umum buah pepaya memang memiliki manfaat dan nilai gizinya besar bagi kesehatan, karena tidak sekadar memiliki serat tinggi, tapi juga mengandung berbagai jenis enzim, vitamin, dan mineral.

Malah, kata dia, kandungan vitamin A-nya lebih banyak daripada wortel, dan vitamin C nya lebih tinggi dari pada jeruk serta kaya dengan vitamin B kompleks dan vitamin E. "Tanaman pepaya memang luar biasa sebab dari akar hingga batang dan daunnya, rasanya sangat pahit, berbeda dengan buahnya yang terasa enak dan manis," katanya.


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top