Hari Ini 9 Kabupaten/Kota di Sumut Laksanakan Pemilu Kada

Samosirku
Hari ini, Rabu (12/5), sembilan daerah kabupaten/kota di Sumut melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilu Kada). Masyarakat di daerah yang melaksanakan Pemilu Kada yang telah terdaftar sebagai pemilih dihimbau untuk menggunakan hak pilihnya secara baik di Tempat Pemungutan Suara (TPS) mulai pukul 07.00 WIB hingga 13.00 WIB.
Imbauan itu disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut Irham Buana Nasution SH MHum kepada wartawan di kantornya, Selasa (11/5). Sembilan daerah yang melaksanakan pada Rabu 12 Mei 2010 tersebut adalah Binjai, Medan, Sergai, Tebing Tinggi, Asahan, Tapsel, Sibolga, Pakpak Bharat dan Tobasa.
“Kita mengimbau seluruh masyarakat yang telah memenuhi syarat dan terdaftar sebagai pemilh untuk menggunakan hak pilihnya secara baik guna menentukan calon kepala daerah yang akan memimpin 5 tahun ke depan”, ujar Irham.
Bagi mereka yang namanya telah terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) tetapi tidak mendapat kartu maupun undangan pemilih kata Irham, tetap dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukkan kartu indentitas KTP, Paspor, SIM ataupun indetitas yang berlaku lainnya.
Dalam kesempatan itu, Irham juga mengimbau seluruh peserta Pemilu Kada dan para pendukung serta simpatisannya untuk tetap menjaga kondusifitas sehingga pelaksanaan Pemilu Kada berjalan aman, tertib dan lancar. Para peserta Pemilu Kada harus siap menang dan siap kalah sesuai ikrar yang telah disepakati para peserta sebelumnya.
Hari pelaksanaan Pemilu Kada di 9 daerah itu, lanjut Irham merupakan hari yang diliburkan. Oleh karenannya, seluruh instansi pemerintah maupun swasta harus meliburkan pegawai dan karyawannya sehingga mereka yang telah terdaftar sebagai pemilih tidak terhalang untuk menggunakan hak pilihnya.
Berdasarkan ketentuan UU yang berlaku, katanya, setiap orang dilarang menghalangi seseorang untuk menggunakan hak pilihnya “Bagi mereka yang menghalangi sesorang untuk menggunakan hak pilihnya, dapat diancam pidana sesuai peraturan yang berlaku”, tegas Irham.
Menurut Irham, pada tahun 2010 ini ada 23 daerah Kabupaten/Kota di Sumut yang melaksanakan Pemilu Kada. Selain 9 daerah yang melaksanakannya pada 12 Mei 2010, sebanyak 14 daerah lainnya yang akan melaksanakan Pemilu Kada pada tahun ini adalah Humbahas, Madina, Pematang Siantar dan Samosir (9 Juni 2010).
Selanjutnya Labuhan batu (16 Juni 2010), Simalungun dan Tanjung Balai (27 Agustus 2010), Labuhan batu Utara dan Labuhan Batu Selatan (27 September 2010), Kabupaten Karo (27 Oktober 2010) serta Nias Selatan, Nias Utara, Nias barat dn Kota Gunung Sitoli (2 Desember 2010).


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top