Sekretaris Desa Wujud Keberhasilan Pemerintah Desa

Keberhasilan pemerintahan dapat diukur dari baik tidaknya pemerintahan desa, karena pemerintahan desa merupakan ujung tombak dalam pelayanan bagi masyarakat. Demikian dikatakan Bupati Samosir Ir. Mangindar Simbolon saat membuka Rapat Teknis Penajaman Tupoksi Sekretaris Desa Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pelayanan Sekretariat Desa di Hotel Sampean Kecamatan Palipi, Rabu (14/04).
Dihadapan para Sekretaris Desa yang sudah berstatus PNS dari 9 (sembilan) kecamatan se-Kabupaten Samosir, Bupati Samosir lebih lanjut menjelaskan, Sekretaris Desa sebagai ujung tombak pemerintahan merupakan pemimpin administrasi di tingkat desa haruslah seorang birokrat yang memiliki kompetensi. Seorang Sekretaris Desa yang berkompetensi paling tidak harus memiliki 5 (lima) kriteria diantaranya : hati nurani, otak/pemikiran, Nilai (bagaimana seseorang itu dapat mensupport lingkungannya-red), tingkat penguasaan ilmu pengetahuan, dan ketrampilan (skills).
Bupati Samosir mengharapkan dengan diadakannya pelatihan ini maka para Sekretaris Desa dapat lebih mengerti akan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Para Sekdes diharapkan untuk meningkatkan kompetensinya dengan belajar terus-menerus dan jangan pernah merasa puas akan ilmu yang dimiliki. Mengingat pemerintahan sekarang yang sudah transparan dan akuntabel, Beliau menghimbau agar sebesar apapun penggunaan anggran di pemerintahan desa harus bisa dipertanggung-jawabkan dan dapat dibuktikan. “Sebagai ujung tombak di pemerintahan desa, Sekretaris Desa harus bisa menjaga kekondusifan masyarakat, dalam melaksanakan kegiatan di masyarakat desa, menjaga hubungan yang harmonis dengan kepala desa masing masing sangat diperlukan sehingga pemerintan desa dapat berjalan dengan baik” tegas Bupati Samosir. “ Disamping itu, para sekdes harus bisa menjelaskan tentang pentingnya administrasi yang baik kepada Kepala Desa yang belum memahaminya” tambahnya.
Kabag Pemerintahan Setdakab Samosir Drs. Darwin Sihombing dalam laporannya mengatakan tujuan diadakannya Rapat Teknis tersebut sebagai langkah strategis mengukur dan mengevaluasi capaian tugas sekretaris desa penanggung jawab administrasi desa dan merumuskan langkah-langkah yang strategis dalam rangka penajaman tupoksi untuk meningkatkan mutu pelayanan sekretaris desa.
Dalam acara tersebut Asisten Pemerintahan Sekdakab Samosir Drs. Ombang Siboro, M.Si menyampaikan materi tentang Tugas Pokok dan Fungsi Sekretaris Desa dan Kabag Pemerintahan Setdakab Samosir Drs. Darwin Sihombing menyampaikan materi tentang Penatausahaan Administrasi Pemerintahan Desa.


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top