Pulih setelah 15 Tahun

“Saya pernah melihat papa tuh pakai narkoba. Perasaan saya sejak itu hancur ya,” ungkap Charles, anak benyamin mengingat kelakuan yang dahulu dilakukan oleh papanya, Benyamin.


“Anak saya tanya, “mama, papa ngapain? Lagi minum apa itu ma? Itu papa, temannya lagi isep-isep apa tuh ma? Saya takut sekali..takut saya. Saya sangat terpukul juga. Sedih saya.. Ada sakit hati juga. Betul-betul saya sakit hati,” ujar Ari, Istri dari Benyamin.


Demi narkoba dan alkohol, Benyamin rela menghabiskan harta bendanya, melalaikan pekerjaan dan bahkan menelantarkan istri dan anak-anaknya. Setiap hari, Benyamin selalu pulang ke rumah dengan bau mulut habis minum minuman Alkohol.


Melihat tingkah Benyamin yang suka mabuk-mabukkan membuat Ari seringkali harus menegornya. Namun, tegoran tersebut seperti berlalu saja didengar oleh suaminya tersebut. Tidak hanya Ari, istrinya yang dibuat jengkel, tetapi Charles yang usianya masih belia turut marah bahkan dirinya menyimpan kebencian mendalam kepada papa yang dianggapnya tidak pernah bertanggung jawab tersebut.


Kebencian Charles yang begitu besar membuat hubungan antara ia dan ayahnya tidak harmonis. Bahkan dirinya tidak pernah menganggap bahwa ayahnya ada ketika berada di rumah. Baginya, hubungan antara seorang anak dan ayah di dalam keluarganya sudah hancur.


Suatu hari, Charles mengunjungi rumah temannya. Ketika berada disana ada sebuah pemandangan berbeda yang tidak dilihat dalam keluarganya, yakni seorang ayah yang mengasihi anaknya. Dirinya begitu iri melihat hal tersebut. Di dalam batinnya, dia merindukan ayahnya dapat memberikan kasih sayang tersebut.


Tahun-tahun berlalu, namun benyamin tidak juga berubah. Ia justru terperosok semakin dalam. Ia malah berhubungan dengan wanita lain yang juga merupakan seorang pengguna narkoba.


“Yang seharusnya saya tuh bertobat untuk memikirkan keluarga, malah saya sudah terlibat jauh lagi untuk menikmati dunia hiburan malam. Sepanjang hari saya nikmati dengan minum alkohol, obat-obatan,” ungkap Benyamin.


Ari merasa sangat kecewa terhadap perlakuan Benyamin. Selama menjalani bahtera rumah tangga, ia tidak pernah merasakan kasih sayang dan perhatian dari Benyamin. Demikian juga yang dialami anak-anaknya. Walaupun begitu, Ari tidak pernah berhenti berharap agar benyamin dapat kembali kepada keluarganya. Maka setiap hari, ia selalu berdoa meminta kepada Tuhan agar suaminya terlepas dari setiap tabiat buruknya.


“Mama tuh rajin ya di dalam Tuhan. Jadi saya juga berharap, papa tuh kembali kepada keluarga lewat Tuhan,” kata Charles polos.


Tuhan berikan kesempatan kepada suami saya untuk berbalik lagi kepada-Mu,” doa Ari ketika itu.


Setelah menjalani 15 tahun pernikahan yang sepertinya tanpa harapan akhirnya sesuatu terjadi. Dalam suatu pesta narkoba yang besar, Benyamin mengalami over dosis untuk kesekian kalinya.


Seperti mendapat perasaan yang tidak baik akan keadaan suaminya, Ari berdoa kepada Tuhan meminta agar suaminya diberikan kesempatan untuk bertobat. Mukjizat terjadi!!!


Benyamin tersadar dari kondisi yang hampir merenggut nyawanya tersebut. Dalam kondisinya tersebut, Benyamin teringat dengan nasihat-nasihat dari istrinya yang pernah dikatakan kepadanya yakni untuk bertobat dari perbuatan dosanya selama ini. Baginya, peristiwa yang dialaminya saat itu adalah sebuah tegoran Tuhan yang begitu baik.


Benyamin kembali ke rumah dengan kerinduan untuk sungguh-sungguh bertobat dan kembali pada anak-anak dan istrinya.


“Pada waktu itu saya tidak tahu papa pulang tuh dari mana dan tiba-tiba papa tuh ngajakin makan ke luar. Karena saya masih benci, bahkan adik saya pun juga tidak mau,” ungkap Charles.


Saat itulah hatinya begitu hancur, ia melihat buah dari perbuatannya selama ini yang menelantarkan anak-anak dan istrinya demi kesenangan pribadinya. Namun, Benyamin tidak menyerah.


Melihat istrinya sudah pulang dan sedang duduk, Benyamin lalu menghampiri sambil menangis di bawah kaki istrinya tersebut. Dirinya meminta ampun atas segala perbuatan yang tidak baik ditunjukkan selama ini.


Ari begitu terkejut dengan perubahan yang terjadi terhadap suaminya itu. Dirinya begitu mengucap syukur dan mengajak suaminya tersebut untuk berdoa. Baginya, apa yang terjadi ketika adalah sebuah jawaban doa yang diberikan atas dirinya dan keluarga. Tidak ada sakit ataupun kepedihan yang tersimpan dalam diri Ari yang hari-harinya selama 15 tahun menikah begitu tersiksa. Yang ada pada saat itu adalah sukacita.


Apa yang dilakukan oleh Benyamin dengan meminta ampun kepada istrinya dan berdoa di dalam nama Tuhan ternyata dilihat oleh Charles yang berada di lantai atas ruangan rumahnya. Charles begitu terkejut sekaligus senang atas pertobatan ayahnya tersebut. Seketika itu juga kebencian yang disimpannya selama ini pun hilang.


Pertobatan yang terjadi dalam kehiduan Benyamin mengubah kehidupannya selama ini. Baginya, hidupnya saat ini adalah kepunyaan Tuhan dan dia menyerahkan segala kehidupannya dalam rancangan Tuhan.


Tidak hanya hidupnya secara pribadi yang diubahkan Tuhan, Hubungan Benyamin dengan istri dan anaknya pun dipulihkan. Kehidupan yang saling menyangi sebagai suami-istri maupun ayah-anak benar-benar nyata dalam kehidupan keluarga Benyamin dan Ari saat ini.


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top