Perjuangan Petani Samosir

Samosir,

Hidup ini harus diisi dengan perbuatan, dimana hidup tanpa perbuatan adalah hampa suatu kata mutiara yang sering kita dengar. Suatu pelajaran bagi kita melihat giatnya para petani tua yang melakukan pekerjaanya untuk mengisi kehampaan mereka. Namun apakah hanya kehampaan yang mereka atasi..? tentunya tidak, sebab selain dari kehampaan mereka juga mendapatkan hasil yang lumayan dari kegiatan yang mereka lakukan, seperti sejumlah uang yang dapat mereka gunakan untuk kebutuhan sehari-hari mereka.

Kata salut yang bisa terucap dari mulut tim ini ketika melintasi kawasan pangururan dan melihat banyaknya orang tua yang sudah berumur bekerja sebagai petani dengan giatnya mengolah lahan (tanah) dibawah terik matahari dan terkadang dibawah guyuran hujan.

Ada keinginan hati untuk berbincang-berbincang dengan sang petani tersebut sehingga tim ini menghentikan laju kendaraannya di sekitar lahan pertanian yang berada di daerah Upar Desa Lumban Pinggol Kecamatan Pangururan. Koordinator tim kemudian menghampiri petani dan mengajak pak petani tersebut untuk beristirahat sambil berbincang-bincang. Salah Satu petani itu bernama A. Landong Sitanggang yang tinggal di daerah Tanah Lapang Kelurahan Pasar Pangururan. Banyak hal yang kami bicarakan terutama dibidang pertanian. Salah satu kendala yang dihadapi para petani ialah masalah pengairan terutama pada saat musim kemarau ini, harapan mereka agar pemerintah bersedia memberikan bantuan kepada mereka khususnya para petani yang berada di daerah pelosok. Tentunya dengan Pembangunan Irigasi pertanian akan sangat membantu para petani tersebut, pembangunan irigasi tersebut diikuti dengan bantuan bibit-bibit unggul yang dapat membantu para petani tersebut.

Akhirnya, waktu kami telah selesai dengan Pak Petani tersebut sehingga kami harus berpisah dengan harapan agar Semangat mereka selalu bertambah untuk mengolah lahan-lahan kosong yang akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan dibidang Pertanian secara khusus pada diri sendiri dan secara umum pada Kabupaten Samosir. (Ms)


No comments:

Write a Comment

Mohon Komentar yang diberikan tidak berbau SARA dan Penghinaan. terima kasih


Top